Sabtu, 21 April 2012

PAKAIAN SERAGAM

APA ITU PAKAIAN SERAGAM ???

Siapapun boleh berpendapat mengenai pakaiana seragam menurut saya … pakaian seragam yaitu pakaian yang dikenakan oleh orang-orang yang berkecimpung disuatu organisasi yang menggambarkan profesi seseorang ,, dan seragam juga dapat memancarkan citra kewibawaan suatu organisasi atau tinggi rendahnya suatu penilaian  seseorang terhadap suatu organisasi tersebut …seseorang dapat mengetahui apa pekerjaan kita ? dan apa profesi kita dapat dilihat dari seragam atau pakaian yang kita kenakan …. pakaian seragam juga dapat mengidentifikasikan diri seseorang … serta suatu identitas bagi organisasi dan seseorang.


Meskipun dalam bekerja penampilan bukan hal yang utama ,,, tetapi penampilan pun dapat menunjang penilaian dari bagian pekerjaan anda ,,, apalagi jika ingin bertemu dengan klien yang sangat menunjang untung ruginya perusahaan ,, ya kan ?? … ya memang sebenarnya hal utama dalam bekerja adalah bagaimana kualitas kinerja karyawan tersebut ?? dan bagaimna pola pikir yang kita tanamkan pada setiap karyawan kita ?? bagaimana pula cara mereka menyerap ilmu yang telah kita sampaikan ? dan bagaimana hasil kerja yang diciptakannya ??

Semenjak manusia mengenal peradaban di dunia ini , pakaian seragam telah dikenal keberadaannya. Terbukti kalau kita mempelajari sejarah kehidupan manusia semenjak jaman sejarah, pakaian seragam telah dipakai oleh para  tentara kerajaan ,dayang – dayang , orang – orang yang bertugas pada bagian tertentu di suatu kerajaan yang ada di berbagai belahan dunia.

Di Indonesia pakaian seragam pun sudah dikenal semenjak beberapa ratus tahun yang lalu, hal ini dapat dilihat pada relief-relief yang ada di berbagai candi ataupun dapat dilihat pada kitab-kitab kuno . Umumnya baju pakaian seragam dibuat pada jaman dahulu bertujuan untuk menegakkan keteraturan , ketertiban dan wibawa dari seluruh pengguna seragam didalam suatu pemerintahan  pada saat itu. Di era modern seperti sekarang ini baju / pakaian seragam mengalami banyak perkembangan mulai dari bentuk , model , variasi orang yang memakainya, dan bahan baku dan sistem pembuatan seragam itu sendiri. Kalau kita perhatikan disekitar kita, sudah sangat banyak masyarakat yang menggunakan seragam, mulai dari anak-anak , anak muda, orang dewasa hingga orang lanjut usia; mulai dari warga sipil , pegawai negeri , pegawai swasta , sampai kepada warga militer dari berbagai bidang dan latar belakang. Sekarang sekolah mulai dari Taman Bermain , Taman kanak-kanak – SD-SMP – SMA sampai universitas semuanya memakai seragam . Pegawai negeri , karyawan Rumah Sakit , karyawan Bank , karyawan Restaurant sampai seluruh karyawan Hotel menggunakan seragam didalam menjalankan tugas pekerjaan mereka masing – masing.

Pakaian seragam mempunyai beberapa fungsi yang strategis bagi setiap orang yang menggunakannya maupun bagi perusahaan. Bagi karyawan yang bekerja dan siswa yang belajar memakai seragam memberikan efek efisiensi yang begitu besar artinya bagi mereka, dimana mereka tidak perlu harus mengeluarkan uang yang berlebihan untuk membeli berbagai jenis busana untuk bekerja atau sekolah, karena sudah tersedia baju pakaian seragam yang sudah disediakan oleh perusahaan dan sekolah, sehingga setiap orang akan terhindar untuk mengeluarkan uang yang berlebihan untuk sekedar membeli pakaian. Pakaian seragam dapat menjadi identitas setiap karyawan dan perusahaan yang menyediakan seragam bagi karyawannyapun secara tidak langsung akan ikut terpromosi melalui pakaian seragam tersebut,  dan label profesinalisme dan bonafitas akan menjadi kebanggaan bagi setiap perusahaan yang menyediakan pakaian seragam tersebut. Pakaian seragam pun seringkali dapat dihubungkan dengan faktor Fungsional yang tinggi , dan dibuat untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi setiap orang dan juga masyarakat yang dilayaninya.

Pakaian seragam kebanyakan dibuat dengan model yang berbeda untuk setiap Bidang pekerjaan , Departement dan Jabatan .  Pakaian seragam banyak disukai Dengan model yang lebih sederhana tapi memberikan kesan berwibawa , model seragam yang mempunyai konsep , sehingga pas dan n yaman dipakainya , terbuat dari bahan yang berkualitas , sehingga awet dan tahan lama dipergunakannya.

0 komentar:

Posting Komentar